Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog, Have a Nice Blogging

Rabu, 01 Agustus 2018

Contoh Pakta Integritas Kepala Sekolah dan Guru

Akhir-akhir ini banyak rekan kerja yang bertanya tentang contoh pakta integritas untuk kepala sekolah dan guru. Pakta integritas ini berisi pernyataan-pernyataan seseorang terkait dengan kesediaannya bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab pekerjaannya.

Berikut ini penulis coba berbagi contoh pakta integritas untuk kepala sekolah dan guru.
Mudah-mudahan ada manfa'atnya.


PAKTA INTEGRITAS KEPALA SEKOLAH


Berjanji pada diri sendiri dan berkomitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                      : Aminudin Adiners
NIP.                                         : ---
NUPTK                                   : ---
Tempat/Tanggal Lahir             : ---
Pangkat/Gol. Ruang               : ---
Jabatan                                   : ---
Unit Kerja                                : ---
Alamat                                     : ---

Menyatakan bahwa saya akan melaksanakan ketentuan sebagai berikut:


  1. Berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan Nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela;
  2. Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap,hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  3. Bersikap jujur, objektif, transparan dan akuntabel dalam melaksanakan tugas;
  4. Siap mencapai target kinerja yang sudah diarahkan oleh kebijakan pimpinan dalam rangka mencapai visi dan misi Pemerintah Kabupaten Pandeglang;
  5. Menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas;
  6. Memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada jajaran pegawai yang berada dibawah pengawasan saya secara konsisten, termasuk tidak melakukan politik praktis;
  7. Siap menyampaikan informasi penyimpangan integritas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkan.

Apabila saya tidak dapat melaksanakan salah satu dari hal-hal tersebut di atas, maka pakta integritas ini merupakan surat pernyataan pengunduran diri saya dari jabatan ini.

Demikian surat pernyataan ini saya buat sebagai bentuk integritas saya selaku Aparatur Sipil Negara.


Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kab. 




(......................................)
NIP. 
Pandeglang, 23 Juli 2018
Yang membuat pernyataan


(materai)



(.....................................)
NIP. 



PAKTA INTEGRITAS GURU PNS


Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                                      : Aminudin Adiners
NIP.                                         : ...
NUPTK                                   : ...
Tempat/Tanggal Lahir             : ...
Pangkat/Gol. Ruang               : ...
Unit Kerja                                : ...

Menyatakan bahwa saya akan melaksanakan ketentuan sebagai berikut:
  1. Bersedia melaksanakan tugas sebagai guru dengan beban kerja sesuai SK pembagian Tugas Guru dalam Kegiatan Pembelajaran yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah;
  2. Bersedia memiliki kehadiran di kelas atau pada saat jam tatap muka minimal 90%;
  3. Bersedia membuat perangkat pembelajaran baik berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Tahunan maupun Program Semester atau yang lainnya;
  4. Bersedia membuat dan melaksanakan program kegiatan evaluasi pembelajaran dan tindak lanjutnya baik berupa kegiatan remedial maupun pengayaan;
  5. Bersedia melaksanaakan kegiatan ekstrakurikuler dan/atau tugas lain yang dibebankan sesuai TUPOKSI saya; dan
  6. Bersedia menjaga rahasia Negara.

Demikian pernyataan ini saya buat, apabila dikemudian hari saya tidak memenuhi ketentuan di atas, saya bersedia menerima sanksi baik berupa teguran lisan, teguran tertulis, penundaan kenaikan pangkat, penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan/pemberhentian sementara tunjangan sertifikasi guru dan/atau tunjangan lainnya, penurunan pangkat/golongan setingkat lebih rendah serta bentuk lainnya sesuai peraturan yang berlaku.

Pandeglang, 23 Juli 2018
Yang Membuat Pernyataan


(materi)

  
(.....................)
NIP. 


PAKTA INTEGRITAS NON PNS


Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                                      : Aminudin Adiners
NUPTK                                   : ....................
Tempat/Tanggal Lahir             : ....................
Unit Kerja                                : ...................

Menyatakan bahwa saya akan melaksanakan ketentuan sebagai berikut:
  1. Bersedia melaksanakan tugas sebagai guru dengan beban kerja sesuai SK Pembagian Tugas Guru dalam Kegiatan Pembelajaran yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah;
  2. Bersedia memiliki kehadiran di kelas atau pada saat jam tatap muka minimal 90%;
  3. Bersedia membuat perangkat pembelajaran baik berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Tahunan maupun Program Semester, atau yang lainnya;
  4. Bersedia membuat dan melaksanakan program kegiatan evaluasi pembelajaran dan tindak lanjutnya baik berupa kegiatan remedial maupun pengayaan;
  5. Bersedia melaksanaakan kegiatan ekstrakurikuler dan/atau tugas lain yang dibebankan sesuai TUPOKSI saya; dan
  6. Bersedia menjaga rahasia Negara.

Demikian pernyataan ini saya buat, apabila dikemudian hari saya tidak memenuhi ketentuan di atas, saya bersedia menerima sanksi baik berupa teguran lisan, teguran tertulis, penundaan / pemberhentian pemberian honorarium, penundaan / pemberhentian pemberian tunjangan fungsonal dan tunjangan sertifikasi atau tunjangan lainnya, serta pemberhentian sebagai TKS.

Pandeglang, 23 Juli 2018
Yang Membuat Pernyataan


(materi)


(.....................)

Demikian contoh pakta integritas ini penulis sajikan, untuk siapa saja yang membutuhkannya silahkan boleh dijadikan sebagai referensi.
Selamat beraktifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar